Monday, June 17POS VIRAL
Shadow

Mahasiswa S3 UMY Viral Karena Nikah Sambil Kuliah Online

Mahasiswa S3 – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yaitu Ramli viral di media sosial karena melaksanakan pernikahan sembari mengikuti kuliah secara online. Begini kata Ramli. Ramli adalah seorang mahasiswa S3 jurusan Psikologi Pendidikan Islam (PPI) UMY asal dari Sumatera Barat. Ramli menceritakan bahwa kuliah online yang akhirnya viral tersebut adalah jadwal kuliah terakhirnya bersama dengan dosen Prof. Amin Abdullah. Kuliah itu sudah berlangsung pada pekan yang lalu.

Mahasiswa-S3-UMY-Viral-Karena-Nikah-Sambil-Kuliah

“Jadi itu memang adalah jadwal kuliah kita yang terakhir bersama Prof. Amin Abdullah. Kebetulan, sebelum pekan lalu saya yang melakukan presentasi,” kata Ramli ketika di hubungi pada hari Rabu (17/1/2024). Ramli juga bercerita tentang pertemuan sebelumnya, yang mana sang dosen juga meminta kepada Ramli serta kawan-kawan supaya benar-benar serius. Terutama dalam mengikuti perkuliahan POS VIRAL.

Bahkan, ketika itu sang dosen juga meminta supaya tidak ada libur kuliah. “Pada pertemuan sebelumnya, kami memang tidak boleh libur. Dari Prof. Amin Abdullah mengatakan bahwa kelas saya harus serius. Sehingga kalau jadwalnya kuliah berarti kuliah, tidak boleh ada hal-hal yang lain” katanya.

Jadwal Kuliah Tiba-tiba Dimajukan

Mahasiswa-S3-UMY-Viral-Karena-Nikah-Sambil-Kuliah-Online

Ramli juga mengungkapkan bahwa jadwal kuliah terakhirnya bersama dengan Prof. Amin tersebut tiba-tiba saja dimajukan bertepatan dengan hari pernikahannya. “Dari situ, saya merasa tidak enak sehingga saya tetap mengikut kuliah, karena memang itu sudah jadwal terakhir kuliah juga.

Kebetulan jadwalnya telah di majukan sehingga saya tetap hadir pada hari terakhir itu,” katanya. Ramli juga menceritakan bahwa ketika momen yang terlihat hanyalah kepalanya saja di Zoom meeting. Karena terdapat banyak tamu yang hadir. Hal tersebut juga yang membuat dosennya ikut tertawa. “Kebetulan ketika momentum foto tersebut saya sedang banyak tamu, jadi saya hanya bisa menganggukkan kepala saja. Sehingga Prof. Amin ikut tertawa aja,” katanya.

Baca Juga : Kebun Pisang Milik Warga Dirusak Rombongan Motocross

Ramli juga mengakui bahwa teman-teman kuliahnya serta Prof. Amin sebenarnya telah mengetahui jika dia akan menikah. “Kalau semua teman kuliah saya undang, Prof. Amin juga sudah saya undang. Mereka semua tau, insyaallah. Jadi memang itu hanya kuliah terakhir saja” kata Ramli menutup obrolan. Diberitakan sebelumnya, bahwa video yang memperlihatkan seorang mahasiswa S3 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sedang mengikuti kuliah secara daring sembari melangsungkan pernikahan yang beredar luas di media sosial.

Pihak UMY juga mengapresiasi pengorbanan mahasiswa itu karena daripada mengulang pada semester depan. Video tersebut di posting pada media sosial TikTok @anak.kuliah sampai salah satu Instagram. “When lo kuliah S3 dan pada hari pernikahan ada kuliah. Maka nikah sambil kuliah pun dapat di lakukan dari pada harus mengulang di semester depan.” Demikian postingan akun Instagram dari @linda.w.102 pada hari Rabu (17/1).

Mengenal Sosok Ramli

Ketika di mintai konfirmasi tentang video tersebut, Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) UMY yaitu Dr. Syakir Jamaluddin menjelaskan. Bahwa pria yang ada di video tersebut bernama Ramli. Syakir mengenal Ramli karena dulunya merupakan mahasiswanya ketika menempuh S1 Pendidikan Agama Islam (PAI) di UMY. “Dia kini sedang kuliah S3 di PPI (Psikologi Pendidikan Islam) UMY dan baru saja menikah saat S3 ini,” kata Syakir pada hari Rabu (17/1).

Syakir kemudian melanjutkan bahwa Ramli berasal dari Sumatera Barat. Ramli berkuliah di Jogja usai memperoleh beasiswa UMY. “Ramli adalah mahasiswa prihatin namun dia aktif kuliah dan mengikuti organisasi. Dia ke Jogja dengan semangat ingin kuliah di FAI UMY dengan mendapatkan bantuan beasiswa dari UMY,” katanya. Tentang video Ramli yang mengikuti kuliah online saat pernikahan belangsung. Syakir mengatakan ketika itu Ramli kuliah daring bersama dosen Prof. Dr. Amin Abdullah.

Kala itu, Ramli terlihat memakai pakaian yang unik sehingga di tegur. Pada akhirnya Ramli bercerita bahwa dia ikut kuliah online di tengah acara pernikahannya. ” Pada awalnya Prof. Dr. Amin Abdullah sebagai seorang dosen pasca, mengingatkan bahwa dalam kuliah pada Program Pasca Sarjana S3 Psikologi Pendidikan Islam di UMY. Mahasiswa jangan main-main seperti ada yang masuk dan ada yang tidak,” katanya.

“Kemudian Prof. Amin Abdullah meminta kepada Pak Evan (TU PPS) agar mengumumkan untuk seluruh mahasiswa S3. Sehingga terjadi seperti itu (momen dalam video),” kata Syakir. Lebih lanjut, Syakir juga mengapresiasi perjuangan dari Ramli dalam menempuh S3 sambil menikah. Bahkan, Syakir juga menilai bahwa belum tentu ada orang lain yang dapat melakukan hal yang Ramli lakukan. “Di bela-belain untuk ikut kuliah walaupun sedang nikah. Dua-duanya jalan tanpa harus ada yang di undur. Daripada mengulang mata kuliah di tahun depan,” katanya viralfirstnews.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *