Saturday, May 18POS VIRAL
Shadow

Lubang Terdalam Di Dunia – Penuh Misteri

Lubang Terdalam Di Dunia mencatat tempat terendah di muka bumi adalah Laut Mati (danau). Sebalik nya genangan laut terdalam merupakan Genangan Mariana.

Lubang Terdalam Di Dunia - Penuh Misteri

Jadi di manakah lubang terdalam di alam. Persoalan ini amat menarik buat di jawab. Memberi tahu dari exploredplanet Terdapat sebagian tambang luar biasa dalam di semua bumi. Tetapi, terdapat satu lubang yang sangat dalam yang terletal di bagian eropa ialah uni soviet.

Lubang tersebut merupakan lubang buatan yang terletak di Kota Borhole, Rusia. Lubang dalam buatan manusia ini sekarang di kenal sebagai Kola Superdeep Borehole. Kola Superdeep Borehole merupakan lubang buatan manusia. Namun hingga saat ini belum bisa di akses oleh manusia saja.

Kola Superdeep Borehole sendiri secara khusus terletak di Distrik Pechengsky barat laut oblast Murmansk, di pesisir Laut Barents, Rusia. Distrik ini berada di dekat perbatasan Finlandia dan Norwegia. Lubang tersebut awal nya merupakan hasil pengeboran yang di lakukan untuk tujuan ilmiah oleh Uni Soviet (Rusia-sekarang). Jadi seberapa dalamkah Lubang Bor Superdeep Kola.

Kola Superdeep Borehole sendiri sebenar nya hanya berupa lubang selebar 23 cm. Namun kedalaman nya mencapai 12.262 meter. Fakta ini menjadikan nya lubang terdalam buatan manusia di bumi. Persaingan antara Amerika Serikat dan Uni Soviet saat itu menjadi latar belakang tercipta nya lubang super dalam tersebut. Saat itu AS baru saja memenangkan perlomba-an ke Bulan. Maka Uni Soviet (Rusia) akhir nya mencoba melakukan hal lain. Bila AS berhasil di luar angkasa, hingga Soviet kali ini memilah berupaya turun ke pusat dalam lubang alam yang saat ini tidak tahun sebagian kedalamannya.

Fakta Menarik Lubang Terdalam Dunia Di Rusia

Di manakah lubang terdalam di bumi yang di gali orang? Lubang Bor Superdeep Kola yang terdapat di Rusia merupakan balasan nya. Berikut fakta menarik yang di kutip dari para-para Ilmuan yang mengungkap fakta luba terdalam di Dunia.

Pertama, Lubang Bor Superdeep Kola terletak di Rusia. Lubang ini di gali pada era Uni Soviet atas julukan ilmu supaya para akademikus bisa mengenali apa yang terdapat di dasar situ. Tanpa ragu, beliau karam 12 km di dasar tanah, lebih dalam dari Genangan Mariana. Jika orang terjatuh, di butuhkan waktu sekitar 3,5 menit untuk mencapai dasar.

Digali Selama Uni Soviet

Lubang ini di gali pada era Uni Soviet atas julukan ilmu, alhasil para akademikus bisa mengenali apa yang ada di bawah sana. Lubang ini berada 12 kilometer di bawah tanah, lebih dalam dari Palung Mariana. Jika seseorang menceburkan diri ke dalam lubang, di butuhkan waktu sekitar 3,5 menit untuk mencapai dasar.

Melibatkan Ilmuwan

Selama Perang Dingin, lubang tersebut digali oleh ilmuwan Soviet. Tidak hanya perampasan luar angkasa, negara- negara adikuasa warnanya pula bersaingan menggali daya alam, apalagi terdapat tekad buat menggapai susunan inti planet Alam. Tidak hanya Uni Soviet, Amerika Sindikat serta Jerman pula memiliki cetak biru pengerukan.

Daya 12 Kilometer

Pada tahun 1970- an cetak biru lubang terdalam di bumi di mulai. Inti nya di area Murmanks, bundaran Arktik. Mereka menginginkan durasi 20 tahun buat menggapai daya alam sampai 12 km.

Mesin Uralmash

Mesin bor yang di maanfaatkan Uni Soviet bernama Uralmash- 4E serta angkatan berikutnya ialah Uralmash- 15000. Sepanjang kurang lebih 20 tahun, akademikus Uni Soviet sukses menggapai daya alam sampai 12 km yang belum terkalahkan sampai dikala ini.

Dihentikan Pada Tahun 1992

Seiring berjalan nya waktu, penggalian di hentikan pada tahun 1992. Saat itu suhu di bawah mencapai 180 derajat Celcius sehingga menyebabkan peralatan pengeboran tidak berfungsi lagi.

Tanpa biaya

Setelah Uni Soviet runtuh, tidak ada lagi dana yang di kucurkan untuk proyek semacam itu. Tiga tahun kemudian atau tahun 1995, seluruh fasilitas di tutup. Semula target penggalian Kola Superdeep Boregole sedalam 15 kilometer di perkirakan rampung pada 1993. Namun, tak terwujud.

Tujuan wisata

Lubang Bor Superdeep Kola yang berdiameter 23 sentimeter dan di lapisi logam ini saat ini menjadi tujuan wisata. Meski begitu, perannya dalam dunia sains tetap di kenang.

Sampai sekarang ini para Ilmuan belum tahu seberapa dalam dasar lubung terdalam yang pernah di buat pada proyek penggalian tersebut. Dan tentu nya dari lubang terdalam ini hampir mengimbangi gunung paling tertinggi.

Baca Juga : Viral Penipuan Tiket Konser Coldplay Di Indonesia

Mengenal Lubang Terdalam Di Dunia Bernama Kola Superdeep Borehole

Pada era Perang Dingin, Amerika Sindikat serta Uni Soviet bersaingan menghasilkan cetak biru ambisius, mulai dari tentara, adat, serta teknologi. Salah satu cetak biru ambisiusnya merupakan membuat lubang terdalam di bumi. Amerika mulai mengebor lubang buatan terdalam yang di sebut proyek Mohole pada awal tahun 1960-an, untuk mengebor kerak bumi dan memperoleh sampel batas antara kerak dan mantel bumi. Sayangnya, proyek tersebut gagal dan akhirnya di batalkan. Namun yang terjadi di Uni Soviet justru sebalik nya, karena proyek pengeboran lubang buatan berjalan lebih lancar.

Lubang terdalam di dunia Dikenal sebagai Kola Superdeep Borehole, lubang buatan yang sangat dalam ini terletak di Semenanjung Kola di barat laut Rusia. Proyek pengeboran lubang ini di mulai pada 24 Mei 1970 dan berlanjut hingga tahun 1992, tidak lama setelah runtuh nya Uni Soviet.

Namun upaya pengeboran lubang buatan terdalam di laporkan terhenti ketika suhu di dasar lubang mencapai 180 derajat Celcius, jauh lebih tinggi dari perkiraan. Di kutip dari IFL Science, Senin (5/6/2023) lubang bor ini sebenarnya terdiri dari banyak lubang yang bercabang dari lubang tengah. Lubang terdalam bernama SG-3 yang memiliki kedalaman 12.263 meter di dalam kerak bumi. Saking dalamnya, Lubang Bor Superdeep Kola dijuluki sebagai pintu masuk neraka.

Kola Superdeep Borehole

Sebagai gambaran, kedalaman lubang tersebut adalah ketinggian Gunung Everest dan Gunung Fuji yang bertumpukan. Lubang Bor Superdeep Kola juga lebih dalam dari titik terdalam di lautan, Palung Mariana, yang terletak di kedalaman 11.034 meter di bawah permukaan laut. Menariknya, meskipun lubang buatan tersebut sangat dalam, namun diameter lubang tersebut tidak seperti yang dibayangkan karena lebarnya tidak jauh berbeda dengan piring makan.

Situs lubang buatan yang terbengkalai Sayang nya, lokasi di mana lubang itu berada kini terbengkalai. Yang terlihat hanyalah sebuah bangunan bobrok dengan pipa-pipa yang di tutupi baut di tanah. Rusia memublikasikan konsep pada tahun 2008 buat memusnahkan lubang itu. Namun pada masa kejayaannya, proyek ini memang memberikan banyak wawasan ilmiah baru. Yang pertama dan terpenting, Lubang Bor Superdeeo Kola mengungkapkan beberapa wawasan berharga mengenai geologi Bumi, yang mencakup sekitar 1,4 miliar tahun sejarah Bumi. Eksplorasi lubang buatan terdalam di dunia juga sukses menciptakan 14 genus mikrob yang membatu di situ. Tak hanya mikroorganisme, di lubang buatan terdalam di Bumi juga ditemukan endapan emas, tembaga, dan nikel. viralfirstnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *