Saturday, May 18POS VIRAL
Shadow

Beberapa Manfaat Melakukan Shadow Boxing Bagi Petinju

Anda mungkin saja sudah sering mendengar istilah shadow boxing ketika berlatih tinju. Shadow boxing di kenal sebagai latihan serta pemanasan dengan lakukan berbagai gerakan tinju di udara seakan seperti ada lawan di depan. Pada umumnya, shadow boxing berfokus pada teknik, footwork, sampai dengan kecepatan.

Beberapa-Manfaat-Lakukan-Shadow-Boxing-Bagi-Petinju

Pemula sampai petinju profesional biasanya lakukan shadow boxing sebelum melakukan padding ataupun latihan bersama coach. Latihan gerakan ini sendiri ternyata mempunyai manfaat mulai dari melatih teknik sampai dengan manfaat kebugaran. Ayo, simak beberapa manfaat lain shadow boxing melalui ulasan dari POS VIRAL berikut :

Dapat Memperkuat Memori Otot

Memori otot merupakan kemampuan tubuh untuk dapat mengingat serta melakukan gerakan tertentu secara otomatis tanpa harus berpikir dengan keras. Jika anda rutin berlatih gerakan ini dengan teratur, anda sebenarnya tengah melatih sekaligus memperkuat memori otot. Anda akan mengulangi gerakan tinju yang sama secara berulang-ulang dan membantu otot untuk mengingat gerakan itu. Dengan memori otot yang kuat, maka seorang petinju bisa melepaskan kombinasi pukulan dengan kecepatan serta presisi yang lebih tinggi.

Tanpa memikirkan secara sadar tentang setiap gerakan. Memori otot yang kuat tentu saja sangatlah penting dalam olahraga bela diri. Hal itu karena situasi pertarungan sering kali terjadi dengan cepat serta tidak terduga. Jika anda harus berpikir keras tentang setiap gerakan, maka anda akan kehilangan waktu yang sangatlah berharga. Dan mungkin anda akan ketinggalan momen untuk menyerang ataupun bertahan.

Baca Juga : 3 Pemain Yang Cetak Gol Terbanyak Di Serie B 2023/2024

Melatih Teknik Tinju Yang Baik

Melakukan gerakan ini secara teratur tentunya akan mengasah teknik tinju yang baik. Latihan ini akan melatih anda untuk memperhatikan setiap detail dari gerakan tinju. Di mana mulai dari pukulan, footwork, sampai dengan gerakan tubuh. Tanpa adanya lawan ataupun kantong tinju, anda akan berkonsentrasi secara penuh pada perbaikan teknik-teknik serta rangkaian gerakan.

Teknik yang baik tentunya akan menghasilkan pukulan yang lebih akurat. Serta kuat saat anda berada pada ring atau berlatih dengan kantong tinju. Usai memperhatikan detail-detail kecil seperti rotasi pinggul serta posisi tangan ketika bertahan. Anda juga akan membangun fondasi teknik yang kuat guna mengembangkan kemampuan tinju. Jangan takut untuk salah saat lakukan shadow boxing karena di sini adalah waktu yang tepat untuk belajar dari kesalahan.

Melatih Kardiovaskular Serta Membakar Kalori

Manfaat-Melakukan-Shadow-Boxing-Bagi-Petinju

Salah satu manfaat yang bisa anda dapatkan dari latihan shadow boxing yaitu melatih kardiovaskular. Ketika anda lakukan gerakan ini, maka jantung anda akan berdetak lebih cepat untuk memompa lebih banyak darah serta oksigen ke seluruh tubuh. Melakukan latihan shadow boxing secara konsisten akan meningkatkan stamina, daya tahan sampai dengan kapasitas aerobik.

Tidak hanya memberikan latihan kardiovaskular, tetapi gerakan ini juga sangatlah efektif dalam membakar kalori. Aktivitas fisik intens ini juga melibatkan semua tubuh dalam gerakan yang dinamis serta kuat membakar banyak energi dalam waktu yang singkat. Anda dapat membakar sekitar 81 sampai 140 kalori per 15 menit shadow boxing. Hal itu tergantung pada sejumlah faktor seperti berat badan dan juga intensitas latihan.

Shadow boxing tidak cuma bermanfaat untuk petinju, tetapi juga untuk siapa saja yang ingin melatih kebugaran viralfirstnews.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *