Wednesday, February 28POS VIRAL
Shadow

Roy Suryo Menuduh Gibran Pakai 3 Mic Saat Debat Cawapre

Roy Suryo Menuduh Gibran adalah sebuah berita yang viral di media sosial, yang menyoroti kritik pengamat telematika Roy Suryo terhadap calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka. Berita ini berasal dari cuitan Roy Suryo di Twitter, yang mengunggah foto Gibran yang tampak menggunakan tiga jenis mikrofon sekaligus saat debat cawapres 2024, yaitu clip-on, hand-held, dan head-set. Roy Suryo juga menanyakan fungsi earphone yang dipakai Gibran, dan menduga adanya kecurangan dalam debat tersebut.

Roy-Suryo-Menuduh-Gibran-Pakai-3-Mic-Saat-Debat-Cawapre

Berita ini juga mendapat tanggapan dari Gibran Rakabuming Raka sendiri, yang mengaku tidak tahu alasan penggunaan tiga jenis mikrofon tersebut. Gibran mengatakan bahwa itu adalah keputusan dari panitia debat, dan bukan permintaannya. Ia juga menampik adanya kecurangan dalam debat, dan mengatakan bahwa earphone yang dipakainya hanya untuk mendengar suara moderator dan lawan debat. Gibran juga menantang Roy Suryo untuk membuktikan tuduhannya, dan mengajaknya untuk berdebat secara langsung.

Berbagai Tangapan Netizen

Berita ini mendapat berbagai tanggapan dari netizen, baik yang mendukung maupun yang menentang Roy Suryo. Berita ini juga menimbulkan berbagai meme dan parodi yang lucu dan menghibur. Berikut dibawah ini terdapat berbagai tanggapan netizen terhadap atas tuduhan gibran pakai 3 mic lainnya :

Tanggapan yang mendukung Roy Suryo

Beberapa netizen mengapresiasi Roy Suryo Menuduh Gibran yang dianggap kritis dan berani mengungkap kebenaran. Mereka menilai bahwa penggunaan tiga jenis mikrofon sekaligus oleh Gibran Rakabuming Raka adalah hal yang mencurigakan dan tidak wajar. Juga menduga adanya kecurangan dan manipulasi dalam debat tersebut, seperti penggunaan teleprompter atau alat bantu lainnya. Mereka mendesak KPU untuk mengusut dan mengklarifikasi masalah ini, dan meminta Gibran Rakabuming Raka untuk menjelaskan alasan penggunaan tiga jenis mikrofon tersebut.

Tanggapan yang menentang Roy Suryo

Beberapa netizen mengkritik Roy Suryo Menuduh Gibran yang dianggap hanya mencari sensasi dan iri dengan Gibran Rakabuming Raka. Mereka menilai bahwa penggunaan tiga jenis mikrofon sekaligus oleh Gibran Rakabuming Raka adalah hal yang biasa dan tidak berpengaruh terhadap kualitas debat. Juga membela Gibran Rakabuming Raka yang dianggap lebih muda, cerdas, dan karismatik dari pada Roy Suryo. Mereka mengejek Roy Suryo yang baru saja keluar dari penjara, dan menganggap tuduhannya sebagai lelucon belaka.

Tanggapan yang netral atau bercanda

Beberapa netizen menanggapi isu ini dengan cara yang netral atau bercanda. Mereka tidak terlalu peduli dengan penggunaan tiga jenis mikrofon sekaligus oleh Gibran Rakabuming Raka, dan menganggapnya sebagai hal yang tidak penting. Juga membuat berbagai meme dan parodi yang lucu dan menghibur, yang mengejek baik Roy Suryo maupun Gibran Rakabuming Raka. Mereka mengatakan bahwa mereka hanya menonton debat tersebut untuk hiburan semata, dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang dibawa oleh Roy Suryo.

Fakta Dibalik Penuduhan Roy Suryo

Pada saat debat cawapres 2024 Gibran sama sekali tidak mengetahui mengapa dirinya memiliki 3 Mic, hal tersebut dilontarkan langsung olehnya. Dari tuduhan ini gibran langsung membantah tudingan yang dilontarkan oleh Roy Suryo, gibran langsung menatang Roy Suryo untuk membuktikan bahwasannya tuduhan ia tersebut benar. Disaat secara bersamaan, terdapat beberapa orang menejelaskan kebenaran atau tuduhan yang dilontarkan oleh Roy Suryo salah. Berikut dibawah ini kami akan memberitahukan fakta Dibalik Penuduhan Roy Suryo:

1. Ganjar Pranowo Menyebutkan Memang Ada 3 Mic di Pilpres 2024

Ganjar Pranowo adalah calon presiden nomor urut 2 yang berpasangan dengan Ahmad Dhani, seorang musisi dan aktivis. Ia mengatakan memang benar adanya 3 mic di saat debat pilpres tersebut, namun benda tersebut bukan mereka sendiri yang memintanya, tetapi arahan dari panitia debat. Yang dimana 3 mic tersebut berfungsi untuk :

  • Clip-on: Mic yang dijepit di baju atau dasi ini berfungsi untuk menangkap suara dari mulut calon dengan jarak yang dekat, sehingga suara terdengar jelas dan tidak bercampur dengan suara latar belakang. Mic ini juga praktis dan tidak mengganggu gerak tangan calon saat berbicara.
  • Hand-held: Mic yang dipegang di tangan ini berfungsi untuk menyesuaikan volume dan arah suara calon sesuai dengan kebutuhan. Mic ini juga memberikan kesan lebih dinamis dan interaktif saat berbicara dengan moderator atau lawan debat. Mic ini biasanya digunakan saat calon berdiri atau berjalan di panggung.
  • Head-set: Mic yang dipasang di kepala ini berfungsi untuk menangkap suara dari mulut calon dengan jarak yang tetap, sehingga suara terdengar stabil dan tidak berubah-ubah. Mic ini juga memberikan kebebasan bagi calon untuk bergerak tanpa harus memegang mic. Mic ini biasanya digunakan saat calon duduk atau bergerak banyak di panggung.

2. KPU Memastikan Roy Suryo Keliru

KPU mengatakan bahwa penggunaan tiga jenis mikrofon sekaligus bukanlah permintaan dari Gibran Rakabuming Raka, melainkan keputusan dari panitia debat. Juga mengatakan bahwa penggunaan tiga jenis mikrofon sekaligus bertujuan untuk mengantisipasi gangguan teknis atau kualitas suara yang buruk. KPU juga membantah adanya kecurangan dalam debat tersebut, dan menegaskan bahwa tidak ada teleprompter atau alat bantu lainnya yang digunakan oleh Gibran Rakabuming Raka.

Baca Juga : Kasir Indomaret Jago Bahasa Jepang Bermodalkan Nonton Anime

Siapakah Roy Suryo?

Roy Suryo adalah seorang mantan menteri dan politikus asal Indonesia. Ia pernah menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga di bawah pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2013-2014. Ia juga pernah menjadi anggota DPR-RI dari Partai Demokrat daerah pemilihan Yogyakarta pada tahun 2009-2013 dan 2017-2019.

Roy Suryo mengklaim dirinya sebagai pakar telematika dan multimedia, dan sering menganalisis dan mengomentari keaslian bukti dalam skandal politik dan selebritas. Namun, ia juga sering menuai kontroversi dan kritik karena dianggap menyebarkan hoaks dan penistaan agama.

Salah satu kasus yang menjerat Roy Suryo adalah kasus meme stupa Candi Borobudur yang diedit mirip wajah Presiden Jokowi. Roy Suryo memposting meme tersebut di akun Twitternya dan mendapat banyak hujatan dari netizen POSVIRAL, terkhususnya lagi penganut agama Budha. Herna Sutana, perwakilan umat Buddha yang melaporkan Roy Suryo ke Polda Metro Jaya, mengatakan bahwa Roy Suryo telah melecehkan umat Buddha dengan menambahkan kalimat ‘lucu, hehehe, ambyar’ pada meme tersebut. Dan juga Lieus Sungkarisma, aktivis sosial dan umat Buddha, menyebut kasus meme tersebut bukan penistaan agama. Dari tindakan ROy Suryo tersebut, Ia kemudian dilaporkan oleh perwakilan umat Buddha dan ditetapkan sebagai tersangka oleh polisi.

Setelah Roy Suryo mundur dari jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga pada tahun 2014, ia digantikan oleh Imam Nahrawi yang menjabat hingga tahun 2019. Kemudian, posisi tersebut diisi oleh Zainudin Amali yang menjabat hingga tahun 2023. Saat ini, Menteri Pemuda dan Olahraga adalah Dito Ariotedjo.

Apa Saja Program Yang Dilakukan Oleh Kementerian Baru?

Mentri pemudah dan olahraga saat ini telah memiliki program tersendirinya yang dimana berbeda dari sebelumnya, yakni :

    • Meningkatkan kualitas pemuda yang berideologi Pancasila, berwawasan kebangsaan, berjiwa patriotik, dan berdaya saing global.
    • Meningkatkan pemberdayaan pemuda menjadi kreatif, inovatif, mandiri, dan berdaya saing serta menumbuhkan semangat kewirausahaan.
    • Meningkatkan budaya berolahraga dan prestasi olahraga di tingkat regional dan internasional.
    • Meningkatkan dukungan manajemen kelembagaan pemerintahan yang baik dan bersih.
    • Meningkatkan kemitraan, jejaring kerja, peran serta dan kerja sama bidang kepemudaan dan keolahragaan di tingkat internasional.

      Buat kalian semua yang ingin mendapatkan berbagai informasi menarik seperti ini maka kalian bisa klik link yang satu ini viralfirstnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *