Sunday, July 14POS VIRAL
Shadow

Pengemis Viral Minta Uang 5 Rb Dengan Cara Memaksa

Pengemis Minta Uang Memaksa – Telah beredar di media sosial pengemis di Surabaya yang memaksa untuk meminta uang Rp5 ribu. Apabila dikasih uang yang lebih kecil maka langsung ditinggal pergi.

Pengemis Viral Minta Uang 5 Rb Dengan Cara Memaksa

Aksi pengemis terekam dan viral. Salah satunya dibagikan oleh akun. Tampak didalam video tersebut salah satu seorang pria meminta uang dari seorang pengendara mobil.Pria pengemis tersebut meminta uang Rp5 ribu dengan alasan untuk membeli makan karena dia lapar. Permisi katnya mau minta uang Rp5 ribu saja om. Laper sekali nih om. Cuma buat beli makan aja. Minta tolong aja om untuk beli nasi putih saja om. Aku laper banget ae om,” kata pengemis tersebut dikutip pada hari Sabtu tanggal (25/11/2023).

Pengemis Tersebut Alsannya Lapar

viral pengemis di Surabaya minta uang Rp5 ribu adalah salah satu sebuah video yang menunjukkan seorang pengemis pria yang mengemis dengan memaksa di kawasan Delta Plaza daerah Surabaya. Pria tersebut memaksa para pengendara mobil untuk memberinya uang sevesar Rp 5 Ribu dengan alasan dia sangat lapar dan belum makan sedikitpun. Namun, ketika para pengendara hanya menawarkan uang sebesar Rp2 ribu, pria tersebut mlah menjadi sangat marah – marah dan mengeluarkan kata-kata yang sangat kasar. Video tersebut saat ini menjadi sangat viral sekali dikarenakan menunjukkan perilaku pengemis yang tidak wajar dan tidak sopan sekali.

Banyak sekali netizen yang saat ini mengkritik pengemis Meminta Paksa tersebut dan sudah menganggapnya sebagai modus saja untuk meminta-minta. Beberapa netizen juga menyayangkan kondisi sosial yang membuat orang-orang seperti itu ada di jalanan. Pengemis Viral Minta Uang 5 Rb Video tersebut juga menjadi peringatan bagi masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam memberi sedekah kepada pengemis.

Pengemis seperti itu sebenarnya melanggar hukum, baik menurut KUHP maupun Perda DKI Jakarta. Pasal 504 KUHP juga sudah mengatur bahwa siapa yang mengemis di jalanan umum, maka akan diancam dengan tindak pidana kurungan lebih paling lama enam minggu. Jika pengemisan tersebut dilakukan sebanyak tiga orang atau lebih maka, post viral pidana kurungan bisa mencapai tiga bulan.

Hukum Yang Menjadi Pengemis

Selain itu, ada juga Pasal 40 Perda DKI Jakarta yang melarang setiap orang atau badan untuk menjadi pengemis di jalanan, pengamen, pedagang kaki lima, dan juga jasa semprot air di kaca mobil. Jika psengemis tersebut masih melanggar juga, maka akan diancam dengan oindakan pidana kurungan paling singkat 10 hari dan paling lama 60 hari atau bisa juga kena denda yaitu paling sedikit paling sedikit Rp100 ribu dan paling banyak Rp20 juta rupiah.

Namun, tidak semua pengemis adalah orang miskin yang membutuhkan bantuan. Beberapa pengemis ternyata memiliki uang yang cukup banyak dari hasil meminta-minta. Misalnya, seorang pengemis di Bogor yang diamankan karena melakukan aksi tak senonoh, ternyata membawa uang sebesar Rp50 juta. Atau seorang pengemis di Gorontalo yang memiliki uang sebanyak Rp490 juta. Hal ini menunjukkan bahwa ada modus dan sindikat di balik fenomena pengemisan.

Oleh karena itu, masyarakat perlu lebih berhati-hati dalam memberi sedekah kepada pengemis. Sebaiknya, memberi bantuan dalam bentuk barang atau jasa, bukan uang. Selain itu, masyarakat juga perlu melaporkan kepada pihak berwenang jika menemukan pengemis yang berperilaku tidak wajar atau mengganggu ketertiban umum. Pengemis Viral Minta Uang 5 Rb Semoga dengan demikian, pengemisan bisa dikurangi dan ditangani secara tepat.

Namun, sang perekam memberikan Rp2 ribu dengan alasan adanya hanya itu. Bukannya menerima, pria yang meminta-minta tersebut justru pergi begitu saja. Perekam tersebut langsung menutup kaca pintu mobilnya. Sang perekam menyebut bahwa tempat kejadiannya di sekitar Pasar Burung Bratang, Surabaya.

Karena memang beliaunya minta 5 ribu 10 ribu kalau gak dikasih seusai dengan yang minta dia ngamuk. Aku sih siap-siap tutup kaca. Bukan mau menghambat rezeki orang tapi kalau modusnya kayak gitu ya gimana ya,” kata perekam. Sang perekam juga punya alasan tidak memberikan uang. Menurutnya, usianya masih belum begitu sepuh. Masih bisa produktif untuk bekerja. Kalau terus diberi uang khawatirnya justru malas-malasan bekerja.

Maksa Minta Rp5 Ribu

Pengemis tersebut meminta uang Rp5 ribu dengan alasan ingin membeli makanan. Pasalnya saat itu ia sudah sangat lapar, karena itulah terus memohon untuk diberi uang Rp5 ribu.

Tapi sayang pemilik akun tak memiliki sejumlah uang yang diminta. Saat itu ia cuma bisa memberi uang Rp2 ribu saja.

“Permisi minta uang 5 ribu om, lapar om aku belum makan,” kata si pengemis.

“Aku sisa 2 ribu, adanya 2 ribu,” jelas pemilik akun.

“Minta uang 5 ribu aja buat beli nasi om, aku lapar banget,” pengemis terus memaksa.

“Aku adanya cuma dua ribu,” jelas pemilik akun lagi.

Bukannya diterima saja, pengemis tersebut malah ogah jika tak diberi Rp5 ribu. Lantas ia langsung pergi tanpa berkata apapun.

Cuma Modus

Pemilik akun pun menjelaskan bahwa pengemis satu ini memang sedang viral di Surabaya. Modusnya selalu meminta sejumlah uang, tapi ketika tak diberi malah mengamuk. Untung barusan gak ngamuk, jadi aku sudah bersiap tutup kaca. Jadi aku juga takut, takut dibaretin juga,” katanya.Kemudian ia turut menunjukkan seorang wanita pengendara mobil yang dimintai uang oleh pengemis tadi. Modusnya pun sama, meminta uang Rp5 ribu dengan alasan belum makan.

Berkata Kasar

Tapi wanita tersebut enggan memberi uang kepada pengemis tersebut. Mendapat penolakan pengemis itu malah terus ngotot, bahkan sudah seperti memalak.

“Saya lapar buk,” kata si pengemis.

“Ya kerja pak,” jelas si wanita.

Terus mendapatkan penolakan, pengemis itu malah langsung berkata kasar sambil berjalan pergi. Kondisi ini pun membuat si wanita syok sendiri.

“Loh ngamuk,” katanya.

Berdasarkan keterangan yang di dapat dari pengendara mobil, pengemis tersebut sudah sering atau terbiasa memaksa orang – orang yang di sekitarnya dengan modus untuk membutuhkan uang dalam jumlah yang kecil. Akan Tetapi, saat pengendara mengasi uang malah ngamuk karena pengemis tersebut tak diberi uang sesuai jumlah yang si pengemis itu mau atau inginkan.

“Dia mengamuk dan maksa, jadi untuk kalian semua hati-hati lah kalau ketemu orang barusan dikarenakan memang pengemsis tersebut itu modus minta Rp5.000 Rp10.000. Kalau memang nggak dikasih yang sesuai yang dia minta, maka dia akan mengamuk,” ungkap pria yang mengendarai mobil tersebut.

“Aku udah siap untuk menutup kaca ,mobil, aku juga sangat takut dibaretin juga sih sebenarnya. Bukan mau menyusahkan rezeki orang, cuman kalau modus yang kayak gitu, ya mau gimana lagi yah, gak suka aja saya melihatnya,” pungkasnya.

Baca Juga : Viral Bendera Palestina Tahun 1924 Mirip Israel, Ini Faktanya

Pengemis Tersebut Sudah Sering Memaksa Untuk Meminta 5 Rb

Unggahan video yang memperlihatkan seorang pengemis tidak ingin menerima uang dua ribu menuai komentar dari beberapa warganet yang memberi nasehat agar belajar ikhlas memberi uang kepada pengemis sekecil apapun jumlahnya.

Rupanya, aksi pengemis itu bukan sekali. Sang perekam tersebut telah kemudian membagikan video mengenai pengalaman pengendara lain yang juga saat itu di diminta uang sebesar Rp5 ribu. Akan tetapi di tolek oleh pengenadara tersebut dan tidak dikasih malah justru sang pengemis tersebut marah atau mengamu dan juga serta mencaci maki para pengendara tersebut.Unggahan yang sangat viral tersebut saat ini telah mendapat sangat banyak sekali komentar dari para warganet.

Jadi, mengemis tersebut dan menggelandang adalah merupakan tindak pidana yang pelanggarannya. Melarang mengemis atau menggelandang diatur oleh dalam Pasal 509 dan Pasal 507 KUHP maupun di dalam Perda, seperti halnya di wilayah DKI Jakarta, yaitu dengan Perda DKI 8/2007.

Sanksi pidana tersebut secara umum untuk kegiatan yang menggelandang dan mengemis diatur dalam KUHP, akan tetapi Pemerintah Daerah tersebut dapat menetapkan peraturan soal larangan untuk mengemis dan juga menggelandang. Untuk DKI Jakarta, sanksi pidana untuk mengemis diatur dalam Perda, bahkan orang yang memberikan uang kepada pengemis juga diancam dengan hukuman pidana. viralfirstnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *