Sunday, July 14POS VIRAL
Shadow

Tragis Michelle Whitehead Tewas Akibat Minum Air Putih Berlebih

Tewas Akibat Minum Air Putih – Seorang wanita di kabar sudah tidak bernyawa di duga akibat minum air putih dengan jumlah yang berlebihan.

Wanita-Ini-Tewas-Akibat-Minum-Air-Putih-Berlebih

Kabar ini sempat menghebokan media masa dan juga berbagai rakyat yang tidak di sekitar tempat tinggal Michelle Whitehead. Wanita yang satu ini di kabakan merupakan seorang ibu yang sudah memiliki 2 orang anak, yang tinggal bersaam keluarga kecil nya di Amerika serikat.

Wanita yang tewas akibat minum air putih berlebih adalah Ashley Summers, seorang ibu berusia 35 tahun asal Indiana, Amerika Serikat. Kemudian ia meninggal karena mengalami keracunan air atau hiponatremia, yaitu kondisi ketika konsentrasi natrium dalam darah terlalu rendah. Ia menenggak 2 liter air putih dalam waktu 20 menit setelah merasa dehidrasi saat berlibur di Danau Freeman, Indiana. Lalu kemudian pingsan dan tidak sadar kembali. Kamu dinyatakan meninggal di Rumah Sakit IU Health Arnett. Keluarganya memutuskan untuk mendonorkan organ-organ tubuhnya, seperti jantung, hati, paru-paru, ginjal, dan sebagian jaringan tulang panjang.

Keracunan air adalah kondisi yang jarang terjadi, tetapi bisa berakibat fatal jika tidak segera ditangani. Gejala-gejalanya antara lain merasa tidak sehat, kram otot, rasa sakit, mual, dan sakit kepala. Keracunan air bisa terjadi jika seseorang terlalu banyak minum air dalam waktu singkat, atau jika ginjal tidak bisa mengeluarkan air berlebih dari tubuh karena kondisi kesehatan tertentu. Dokter menyarankan untuk minum air secukupnya sesuai dengan kebutuhan tubuh, dan tidak melebihi batas maksimal 3 liter per hari.

Sang suami yang merasa kehilangan atas kepergian sang istri mengatakan bahwa berita viral hari ini merupakan salah medis. Tewas Akibat Minum Air Putih yang satu ini ternayata juga memiliki sedikit ganguan saraf dan mental yang pernah di bawah kerumah sakit oleh sang suami. Tetapi pada saat di rs dia di nyatakan sehat dan normal dan tidak memiliki penyakit ganguan apapun. Ganguan tersebut tidak bisa di deteksi oleh medis.

Apakah Minum Air Putih Berlebih Bisa Menyebabkan Kematian

Minum air putih berlebih bisa menyebabkan kematian dalam beberapa kasus. Hal ini disebabkan oleh kondisi yang disebut keracunan air atau hiponatremia, yaitu ketika konsentrasi natrium dalam darah terlalu rendah. Kondisi ini bisa terjadi jika seseorang terlalu banyak minum air dalam waktu singkat, atau jika ginjal tidak bisa mengeluarkan air berlebih dari tubuh karena kondisi kesehatan tertentu. Keracunan air bisa menyebabkan sel-sel tubuh menyerap lebih banyak air dan membengkak, termasuk sel-sel otak. Jika pembengkakan otak terjadi, bisa menimbulkan gejala seperti sakit kepala, mual, muntah, kebingungan, kejang, koma, hingga kematian.

Untuk mencegah keracunan air, sebaiknya minum air secukupnya sesuai dengan kebutuhan tubuh, dan tidak melebihi batas maksimal 3 liter per hari. Jika Anda merasa haus, minumlah air secara perlahan dan jangan terlalu cepat. Jika Anda melakukan aktivitas fisik berat, Anda juga perlu mengonsumsi garam atau elektrolit untuk mengimbangi cairan yang hilang.

Teori Pendapat Para Ahli Tentang Kasus Minum Air Putih Berlebih

Minum air putih merupakan hal yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, minum air putih secara berlebihan juga dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Para ahli berpendapat bahwa minum air putih secara berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, antara lain:

  • Hiponatremia, yaitu kondisi ketika kadar natrium dalam darah menurun. Kondisi ini dapat menyebabkan berbagai gejala, seperti sakit kepala, kelelahan, mual, muntah, kejang, dan bahkan koma.
  • Gangguan elektrolit, yaitu kondisi ketika keseimbangan elektrolit dalam tubuh terganggu. Kondisi ini dapat menyebabkan berbagai gejala, seperti kram otot, kejang, dan bahkan gagal ginjal.
  • Gangguan pencernaan, seperti mual, muntah, diare, dan sembelit.
  • Gangguan tidur, seperti insomnia.
  • Penurunan berat badan yang tidak diinginkan.
  • Selain itu, minum air putih secara berlebihan juga dapat meningkatkan risiko terjadinya keracunan air. Keracunan air adalah kondisi ketika tubuh menyerap terlalu banyak air dalam waktu singkat. Kondisi ini dapat menyebabkan berbagai gejala, seperti sakit kepala, mual, muntah, kejang, dan bahkan kematian.

Baca Juga : Hamas Bebaskan 24 Sandera Hari Pertama Gencatan Senjata Di Gaza

Teori minum air putih berlebihan

Meminum air putih memang lah bagus untuk kesehatan tubuh, tetapi minum air putih yang berlebih dapat menyebabkan kematian. Ada berbagai teori yang akan menjelaskan kepada kalian, mengapa meminum air putih berlebih bisa berakibat kematian,

1. Teori hipotalamus

Menurut teori ini, hipotalamus, yaitu bagian otak yang berperan dalam mengatur keseimbangan cairan tubuh, akan mengirimkan sinyal ke ginjal untuk mengurangi produksi urine ketika tubuh terhidrasi dengan baik. Namun, jika seseorang minum air putih secara berlebihan, hipotalamus akan mengirimkan sinyal yang terlalu kuat ke ginjal, sehingga ginjal akan memproduksi urine dalam jumlah yang berlebihan. Hal ini dapat menyebabkan tubuh kehilangan elektrolit, seperti natrium dan kalium.

2. Teori osmotik

Menurut teori ini, air akan berpindah dari area yang memiliki konsentrasi rendah ke area yang memiliki konsentrasi tinggi. Ketika seseorang minum air putih secara berlebihan, air akan berpindah dari sel ke plasma darah. Hal ini dapat menyebabkan sel-sel tubuh mengalami edema, yaitu pembengkakan.

3. Teori hormon antidiuretik

Hormon antidiuretik (ADH) adalah hormon yang berperan dalam mengatur produksi urine. Ketika tubuh terhidrasi dengan baik, ADH akan dilepaskan dalam jumlah yang sedikit. Namun, jika seseorang minum air putih secara berlebihan, ADH akan dilepaskan dalam jumlah yang banyak. Hal ini dapat menyebabkan ginjal memproduksi urine dalam jumlah yang sedikit.

4. Teori tekanan darah

Minum air putih secara berlebihan dapat menyebabkan tekanan darah menurun. Hal ini terjadi karena air akan berpindah dari sel ke plasma darah. Plasma darah memiliki volume yang lebih besar daripada sel, sehingga tekanan darah akan menurun.

5. Teori gangguan pencernaan

Minum air putih secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan, seperti mual, muntah, diare, dan sembelit. Hal ini terjadi karena air akan meningkatkan volume makanan dan minuman yang dicerna oleh tubuh.

6. Teori gangguan tidur

Minum air putih secara berlebihan sebelum tidur dapat menyebabkan gangguan tidur, seperti insomnia. Hal ini terjadi karena air akan meningkatkan volume urine yang harus diproduksi oleh ginjal. Hal ini dapat menyebabkan orang tersebut terbangun di tengah malam untuk buang air kecil.

7. Teori penurunan berat badan yang tidak diinginkan

Minum air putih secara berlebihan dapat menyebabkan penurunan berat badan yang tidak diinginkan. Hal ini terjadi karena air akan meningkatkan volume makanan dan minuman yang dicerna oleh tubuh. Hal ini dapat menyebabkan seseorang merasa kenyang lebih lama, sehingga mereka akan makan lebih sedikit.

Berdasarkan teori-teori tersebut, dapat disimpulkan bahwa minum air putih secara berlebihan dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, mulai dari yang ringan hingga yang berat. Oleh karena itu, penting untuk minum air putih dalam jumlah yang cukup, yaitu 2 liter per hari untuk orang dewasa, menurut Post Viral.

Pertolongan Pertama Jika Kebanyakan Minum Air Putih

Jika Anda atau orang di sekitar Anda mengalami gejala keracunan air akibat kebanyakan minum air putih, seperti mual, muntah, sakit kepala, kebingungan, atau kejang, Anda perlu segera melakukan pertolongan pertama, yaitu:

  • Hentikan konsumsi air putih atau cairan lainnya. Jika Anda masih merasa haus, Anda bisa mengonsumsi minuman yang mengandung garam atau elektrolit, seperti air kelapa, jus buah, atau oralit.
  • Hubungi bantuan medis secepatnya. Keracunan air bisa berakibat fatal jika tidak segera ditangani oleh tenaga profesional. Anda perlu mendapatkan perawatan di rumah sakit untuk mengembalikan keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh
  • Jika Anda mengalami kejang, usahakan untuk tidak menelan lidah. Anda bisa meletakkan sesuatu yang lembut di bawah kepala Anda, misalnya bantal atau jaket, untuk mencegah cedera. Jangan memasukkan apapun ke dalam mulut Anda, termasuk jari, sendok, atau tongkat
  • Jika Anda tidak sadar atau tidak bernapas, lakukan resusitasi jantung paru (RJP) atau CPR. Anda bisa menekan dada Anda sebanyak 30 kali, lalu meniupkan napas sebanyak 2 kali. Ulangi langkah ini sampai Anda sadar atau sampai bantuan medis datang viralfirstnews.com.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *