Saturday, May 18POS VIRAL
Shadow

3 Gerakan Pendinginan Yang Wajib Dilakukan Setelah Olahraga

Gerakan pendinginan atau yang juga di sebut dengan cool down tentu saja sama pentingnya dengan gerakan pemanasan. Yang mana biasanya di lakukan pada akhir sesi olahraga. Gerakan ini sangatlah bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah serta suhu tubuh.

3-Gerakan-Pendinginan-Yang-Wajib-Dilakukan-Setelah-Olahraga

Cenderung bersifat statis, beberapa gerakan pendinginan biasanya di lakukan sebanyak 2 sampai 3 kali. Agar membantu tubuh anda kembali rileks serta mengurangi rasa sakit akibat latihan. Maka berikut ini POS VIRAL rekomendasikan 3 gerakan pendinginan yang dapat anda coba secara mandiri di rumah.

Standing Forward Bend

Standing forward bend adalah salah satu gerakan pendinginan yang mana akan membantu meregangkan otot pada bagian perut serta tulang belakang. Latihan ini bisa anda jalani selama 30 detik. Cara untuk melakukan gerakan Standing Forward Bend ini yaitu :

  • Pertama, awali dengan posisi berdiri lalu bungkukkan pinggul ke bagian depan.
  • Kemudian perlahan-lahan condongkan tulang belakang sampai mengarah ke lantai bawah.
  • Tekuk lutut anda selama melakukan latihan tersebut.
  • Lalu letakkan tangan anda di lantai mengikuti punggung yang di condongkan.

Jika tangan tidak bisa mencapai lantai, maka ada alternatif lain yang dapat anda coba. Cukup dengan letakkan tangan anda di bagian atas balok atau benda kokoh lainnya di bandingkan ke atas lantai. Walaupun berbeda, namun kedua gerakan ini baik untuk buat tubuh anda tetap rileks.

Baca Juga : Beberapa Manfaat Berenang Dengan Gaya Bebas Untuk Tubuh

Standing Squad Stretch

Standing quad stretch merupakan salah satu gerakan pendinginan yang sangat pas untuk menghindari kram pada bagian kaki. Sesuai dengan namanya, gerakan ini dapat anda lakukan sambil berdiri. Saat melakukan gerakan pendinginan ini, bagian paha depan akan mengalami peregangan. Hal tersebut tentu saja bermanfaat untuk mencegah cedera otot yang umumnya terjadi pada pelari. Berikut ini beberapa langkahnya :

  • Pertama, posisikan tubuh anda dalam keadaan berdiri tegak.
  • Kemudian seimbangkan badan lalu tekuk salah satu lutut ke bagian belakang.
  • Peganglah kaki menggunakan salah satu tangan dalam beberapa menit.
  • Lalu, lakukan hal yang sama secara berulang pada sisi yang berlawanan.

Body Shakes

Tiga-Gerakan-Pendinginan-Yang-Wajib-Dilakukan-Setelah-Olahraga

Lakukan peregangan pada seluruh anggota tubuh tentunya sangat di anjurkan untuk mengembalikan kondisi tubuh jadi lebih rileks seperti semula. Salah satu gerakan pendinginan yang sangat di anjurkan yaitu body shakes. Setiap gerakan ini biasnaya hanya perlu di jalani selama 15 detik saja.

Cara untuk melakukan gerakan pendinginan ini sangatlah mudah. Awali dengan gerakan menggoyangkan seluruh tubuh anda dengan lembut lalu ikuti setiap tahapan berikut ini:

  • Pertama, gerakkan lengan kanan serta kiri secara bergantian.
  • Lalu, gerakkan kedua lengan anda secara bersamaan.
  • Goyangkan kaki bagina kanan lalu kaki kiri.
  • Setelah itu, goyangkan kepala, pinggul serta seluruh tubuh.
  • Gerakkan setiap bagian tubuh anda selama 15 detik.

Itulah 3 gerakan pendinginan yang dapat anda coba setelah selesai berolahraga. Lakukan gerakan ini bisa membantu melambatkan irama jantung serta tekanan darah agar tubuh kembali rileks viralfirstnews.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *